RAT Mata Kuliah Materi dan Pembelajaran BI SD

RANCANAGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

 

 

Mata Kuliah                           : Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

Semester                                 : 9

Nama Tutor                            : Sinarmawati, S.Pd., M.Pd.

Kode/SKS                              : PDSD 4405/3 SKS

Deskripsi Singkat                   : Mata kuliah ini menguraikan hakikat bahasa dan belajar bahasa, kajian kurikulum, aspek-aspek  kebahasaan yang meliputi fonologi, ejaan, morfologi, serta sintaksis. Mata kuliah ini juga menyajikan pembelajaran keterampilan berbahasa lisan, tulis dan sastra anak, yang dilengkapi berbagai pendekatan pembelajaran bahasa serta penerapan dan penilaiannya dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Kompetensi Umum                : Mahasiswa dapat memahami materi serta menguasai penerapannya dalam pengajaran bahasa dan sasatra Indonesia.

No

Kompetensi Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Tugas Tutorial & Bobot Nilai

Estimasi Waktu

Daftar Pustaka

Tutorial ke

1

2

3

4

5

6

7

8

1.

Menjelaskan hakikat bahasa, hakikat belajar bahasa, dan menerapkan sebagai pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
  1. Hakikat bahasa dan belajar bahasa
  2. Strategi pembelajaran bahasa
  • Pre tes
  • Bertanya jawab mengenai materi yang esensial,
  • Merangkum.
120 menit Puji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 1 Jakarta, Universitas Terbuka.

Pertemuan 1

2.

Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan berbagai pedekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di Sekolah dasar Pedekatan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar
  1. Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa

Pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia

  1. Pendekatan komunikatif dalam pembeajaran bahasa Indonesia
  • Tanya jawab
  • Mendiskusikan istilah-istilah pokok
  • Pemberian tugas,
120 menit Puji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 2 Jakarta, Universitas Terbuka. Pertemuan 2

3.

Menjelaskan  manfaat, komponen-kompone yang terdapat dalam   kurikulum dengan benar dan mengkaji, mengembangkan kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar

Menyusun silabus pembelajaran bahasa Indonesia SDKajian kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar

  1. Mengkaji komponen-komponen kurikulum mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Pengembangan hasil kajian kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia SD
  • Diskusi
  • Mengembangkan standar isi kurikulum bahasa Indonesia ke dalam bentuk indikator kompetensi.

120 menitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 3 Jakarta, Universitas Terbuka.

Pertemuan 3

4.

Menjelaskan pengertian fonologi dalam bahasa Indonesia, membedakan ilmu-ilmu bahasa yang tercakup dalam fonologi, menuliskan fonem-fonem dengan ejaan yang benar, mengidentifikasi fonem-fonem bahasa Indonesia dengan benar,

 

menjelaskan sistim morfologi bahasa Indonesia, memilih materi ajar fonologi, ejaan, dan morfologi bahasa Indonesia SD, Mampu memahami pembelajaran sintaksis (kalimat dalam bahasa Indoesia)1.Sistim Fonolog, Ejaan, Morfologi, Bahasa Indonesia

2.Sintaksis Bahasa Indonesia

  1. Sistim fonologi  dan ejaan bahasa Indonesia
  2. Sistim morfologi (kata)  dalam bahasa Indonesia
  1. Kalimat bahasa Indonesia SD
  2. Pelaksanaan pembelajaran bahasa SD
  • uji kemampuan siswa  dengan model Number Heads Together
  • Mengidentifikasi kesalahan dari segi fonologi, ejaan, morfologi, dan sintaksis buku “Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD” karangan Puji Antosa dkk.

120 MenitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 4 dan 5  Jakarta, Universitas Terbuka.

Pertemuan 4

 

5.

Memilih materi pembelajaran keterampilan berbahasa tulis dan lisan, serta mengaplikasikan model-model pembelajaran keterampilan bahasa tulis dan lisan.Pembelajaran Keteramilan Berbahasa di SD

  1. Pembelajaran keterampilan berbahasa tulis
  2. Pembelajaran keterampilan berbahasa lisan

 

  • Bertanya jawab mengenai materi pembelajaran keterampilan berbahasa tulis dan lisan
  • Mengarang yang sesuai dengan EYD dan
  • Berbicara yang baik berdasarkan kriteri

120 menitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 6 Jakarta, Universitas Terbuka.Pertemuan 5

6.

Menentukan teknik penilaian pembelajaran keterampilan tulis dan lisan, serta mengaplikasikan model penilaian  pembelajaran keterampilan bahasa tulis dan lisan.Penilaian keterampilan berbahasa Indonesia di SD

  1. Penilaian pembelajaran keterampilan berbahasa tulis
  2. Penilain pembelajaran keterampilan berbahasa lisan

 

  • Bertanya jawab mengenai pengelasifikasian penilain pembelajaran keterampilan berbahasa lisan dan tulis
  • Merangkum

 

120 menitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 7 Jakarta, Universitas TerbukaPertemuan 67.Menjelaskan  hakikat sastra anak, mengapresiasi sastra anak, dan melaksanakan pembelajaran sastra anak dibangku sekolah dasarPembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar

  1. Hakikat sastra anak
  2. Apresiasi sastra anak
  3. Pembelajaran apresiasi sastra anak

 

  • Mengidentifikasi topik utama kemudian mendiskusikannya
  • Merancang pembelajaran bahasa Indonesia berbasis sastra anak,

120 menitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 8 Jakarta, Universitas TerbukaPertemuan 7

8.

Menjelaskan hakikat dan manfaat kamus dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia SD, member contoh serta menyusun kamus sederhana dalam pembelajaran bahasa dan sastra IndonesiaKamus

  1. Hakikat dan manfaat kamus
  2. Penyusunan kamus sederhan
  • Mengidentifikasi kata-kata asing dan mencarinya di kamus
  • Menuliskan perbendaharaan kata yang dimiliki masing-masing siswa.

120 menit

Puji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 9 Jakarta, Universitas Terbuka

Pertemuan 8

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: