RANCANAGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah : Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
Semester : 9
Nama Tutor : Sinarmawati, S.Pd., M.Pd.
Kode/SKS : PDSD 4405/3 SKS
Deskripsi Singkat : Mata kuliah ini menguraikan hakikat bahasa dan belajar bahasa, kajian kurikulum, aspek-aspek kebahasaan yang meliputi fonologi, ejaan, morfologi, serta sintaksis. Mata kuliah ini juga menyajikan pembelajaran keterampilan berbahasa lisan, tulis dan sastra anak, yang dilengkapi berbagai pendekatan pembelajaran bahasa serta penerapan dan penilaiannya dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Kompetensi Umum : Mahasiswa dapat memahami materi serta menguasai penerapannya dalam pengajaran bahasa dan sasatra Indonesia.
No |
Kompetensi Khusus |
Pokok Bahasan |
Sub Pokok Bahasan |
Tugas Tutorial & Bobot Nilai |
Estimasi Waktu |
Daftar Pustaka |
Tutorial ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
1. |
Menjelaskan hakikat bahasa, hakikat belajar bahasa, dan menerapkan sebagai pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di Sekolah Dasar. | Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. |
|
|
120 menit | Puji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 1 Jakarta, Universitas Terbuka. |
Pertemuan 1 |
2. |
Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan berbagai pedekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di Sekolah dasar | Pedekatan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar |
Pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia
|
|
120 menit | Puji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 2 Jakarta, Universitas Terbuka. | Pertemuan 2 |
3. |
Menjelaskan manfaat, komponen-kompone yang terdapat dalam kurikulum dengan benar dan mengkaji, mengembangkan kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar |
Menyusun silabus pembelajaran bahasa Indonesia SDKajian kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar
- Mengkaji komponen-komponen kurikulum mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
- Pengembangan hasil kajian kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia SD
- Diskusi
- Mengembangkan standar isi kurikulum bahasa Indonesia ke dalam bentuk indikator kompetensi.
120 menitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 3 Jakarta, Universitas Terbuka.
Pertemuan 3
4.
Menjelaskan pengertian fonologi dalam bahasa Indonesia, membedakan ilmu-ilmu bahasa yang tercakup dalam fonologi, menuliskan fonem-fonem dengan ejaan yang benar, mengidentifikasi fonem-fonem bahasa Indonesia dengan benar,
menjelaskan sistim morfologi bahasa Indonesia, memilih materi ajar fonologi, ejaan, dan morfologi bahasa Indonesia SD, Mampu memahami pembelajaran sintaksis (kalimat dalam bahasa Indoesia)1.Sistim Fonolog, Ejaan, Morfologi, Bahasa Indonesia
2.Sintaksis Bahasa Indonesia
- Sistim fonologi dan ejaan bahasa Indonesia
- Sistim morfologi (kata) dalam bahasa Indonesia
- Kalimat bahasa Indonesia SD
- Pelaksanaan pembelajaran bahasa SD
- uji kemampuan siswa dengan model Number Heads Together
- Mengidentifikasi kesalahan dari segi fonologi, ejaan, morfologi, dan sintaksis buku “Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD” karangan Puji Antosa dkk.
120 MenitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 4 dan 5 Jakarta, Universitas Terbuka.
Pertemuan 4
5.
Memilih materi pembelajaran keterampilan berbahasa tulis dan lisan, serta mengaplikasikan model-model pembelajaran keterampilan bahasa tulis dan lisan.Pembelajaran Keteramilan Berbahasa di SD
- Pembelajaran keterampilan berbahasa tulis
- Pembelajaran keterampilan berbahasa lisan
- Bertanya jawab mengenai materi pembelajaran keterampilan berbahasa tulis dan lisan
- Mengarang yang sesuai dengan EYD dan
- Berbicara yang baik berdasarkan kriteri
120 menitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 6 Jakarta, Universitas Terbuka.Pertemuan 5
6.
Menentukan teknik penilaian pembelajaran keterampilan tulis dan lisan, serta mengaplikasikan model penilaian pembelajaran keterampilan bahasa tulis dan lisan.Penilaian keterampilan berbahasa Indonesia di SD
- Penilaian pembelajaran keterampilan berbahasa tulis
- Penilain pembelajaran keterampilan berbahasa lisan
- Bertanya jawab mengenai pengelasifikasian penilain pembelajaran keterampilan berbahasa lisan dan tulis
- Merangkum
120 menitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 7 Jakarta, Universitas TerbukaPertemuan 67.Menjelaskan hakikat sastra anak, mengapresiasi sastra anak, dan melaksanakan pembelajaran sastra anak dibangku sekolah dasarPembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar
- Hakikat sastra anak
- Apresiasi sastra anak
- Pembelajaran apresiasi sastra anak
- Mengidentifikasi topik utama kemudian mendiskusikannya
- Merancang pembelajaran bahasa Indonesia berbasis sastra anak,
120 menitPuji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 8 Jakarta, Universitas TerbukaPertemuan 7
8.
Menjelaskan hakikat dan manfaat kamus dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia SD, member contoh serta menyusun kamus sederhana dalam pembelajaran bahasa dan sastra IndonesiaKamus
- Hakikat dan manfaat kamus
- Penyusunan kamus sederhan
- Mengidentifikasi kata-kata asing dan mencarinya di kamus
- Menuliskan perbendaharaan kata yang dimiliki masing-masing siswa.
120 menit
Puji Santosa dkk. (2008) Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Buku materi pokok modul 9 Jakarta, Universitas Terbuka
Pertemuan 8